Nama : Intan Keysha Alia

NIM : 21/480385/SV/19625

Kelas : PEK 51

MBTI : ISFP-T "Petualang"

LATIHAN 1

Mata Kuliah Sistem Informasi Pembangunan


Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi

Sistem informasi merupakan elemen utama yang diperlukan ketika menyelenggarakan pembangunan, hal ini dikarenakan sistem informasi berisi data pembangunan yang telah diinput oleh Pemerintah Daerah. Melalui sistem informasi yang berisi informasi data penduduk, layanan publik, produk hukum, dan informasi tentang kegiatan dan program daerah yang dikelola oleh Pemerintah Daerah untuk mendukung perkembangan daerah maju dan mandiri. Sistem informasi dapat membantu Pemerintah, Masyarakat, maupun pihak lain dalam mengelola, memproses, ataupun menyebarkan informasi berkaitan dengan pembangunan sehingga sistem informasi ini sangat diperlukan oleh Pemerintah Daerah dalam proses pembangunan.
Contohnya Sistem informasi pembangunan Kabupaten Klaten yang menggunakan platform Simda Klaten serta Srikandi Klaten. Simda merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Daerah Kabupaten Klaten yang berisi informasi pembangunan RPJMD dan Renstra PD yang memuat informasi kegiatan pembangunan. Selain itu Srikandi adalah singkatan dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi yang memuat agenda surat menyurat dari Pemerintah Daerah lain ke Pemerintah Kabupaten Klaten, sehingga tidak menggunakan kertas manual lagi. Dalam platform tersebut surat berisi undangan ataupun agenda yang akan dilaksanakan, ketika surat telah diterima oleh Pemerintah Kabupaten Klaten maka akan ada tempat checklist sebagai penanda. Kedua hal tersebut tentunya membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten dan Masyarakat setempat dalam mencari informasi keterkaitannya dengan pembangunan di Kabupaten Klaten.